dteksinews,Morowali— Bea Cukai Morowali mengadakan kegiatan Coffee Morning dan Forum Konsultasi Publik (FKP) yang dihadiri secara luring oleh para pengguna jasa dan perwakilan elemen masyarakat di Aula KPPBC TMP C Morowali serta secara daring melalui platform Microsoft Teams. Kegiatan ini merupakan wadah dialog terbuka antara penyelenggara layanan dan publik untuk membahas berbagai aspek penyelenggaraan pelayanan publik guna mendorong transparansi dan efektivitas layanan.Rabu(6/8/2025)
Dalam kegiatan FKP ini, Bea Cukai Morowali memaparkan *Standar Pelayanan* yang mencakup 70 jenis layanan serta mekanisme layanan informasi dan pengaduan yang tersedia bagi masyarakat. Forum ini juga menjadi sarana komunikasi aktif dengan pengguna jasa dalam menyampaikan aspirasi masyarakat yang menginginkan pelayanan publik yang berkualitas dan inklusif. Hal ini sejalan dengan upaya Bea Cukai Morowali dalam mendorong peningkatan layanan sebagai bagian dari komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan, dengan menjadikan masyarakat sebagai mitra penting dalam proses transformasi birokrasi.
Selain pembahasan terkait pelayanan publik, disampaikan pula capaian kinerja hingga 31 Juli 2025, baik dari fungsi Bea Cukai sebagai pengumpul penerimaan negara (revenue collector) maupun sebagai pelindung masyarakat dari barang-barang ilegal (community protector). Keberhasilan ini merupakan hasil dari kolaborasi erat antara Bea Cukai Morowali dengan Aparat Penegak Hukum, Pemerintah Daerah, dan masyarakat dalam rangka memperkuat pengawasan terhadap peredaran barang kena cukai ilegal serta optimalisasi penerimaan negara.(*/PRI)